Mengajar itu “Ndak” Mudah 〤◕‿◕〤

Tauladan dari seorang professor yang sangat mencintai dan menikmati profesi mengajarnya. Berusaha selalu tampil sebaik-baiknya, dan memberikan yang terbaik bagi murid-muridnya.
Menit ke 57 : “Prof, bagaimana anda menyiapkan kuliah ? Berapa lama waktu yang biasanya anda perlukan ?” “Saya biasanya memerlukan waktu 40-60 jam untuk menyiapkan sebuah kuliah. Dua minggu sebelum kuliah itu saya sampaikan, saya berlatih sendiri di sebuah kelas kosong. Saya tulis semua yang ingin saya sampaikan di papan tulis, dan saya mulai memberi kuliah sambil membayangkan kelas saya penuh dengan orang. Biasanya waktu yang diperlukan akan lebih lama. Seminggu sesudahnya saya ulang lagi latihan di kelas kosong. Biasanya saya sudah berhasil mempersingkat waktu, sehingga hampir sama dengan kondisi riil. Pada hari H, dimana saya harus mengajar pada pk.11, maka pagi hari jam 5 pagi saya berangkat ke kampus. Jam 5.30 saya berlatih sekali lagi di kelas kosong. Sebelum benar-benar masuk kelas.”

Tinggalkan Balasan

